Thursday, June 27, 2019

BEBERAPA KAJIAN YANG PERLU DIKETAHUI

Bismillahirrahmanirrahim..


Surah Al-Baqarah (bahasa Arab: البقرة , al-Baqarah, bahasa Indonesia: "Sapi Betina") adalah surah ke-2 dalam Al-Qur'an. Surah ini terdiri dari 286 ayat, 6.221 kata, dan 25.500 huruf dan tergolong surah Madaniyah. Surah ini merupakan surah dengan jumlah ayat terbanyak dalam Al-Qur'an. Surah ini
dinamai al-Baqarah yang artinya Sapi Betina sebab di dalam surah ini terdapat kisah penyembelihan sapi betina yang diperintahkan Allah kepada Bani Israil (ayat 67-74). Surah ini juga dinamai Fustatul Qur'an (Puncak Al-Qur'an) karena memuat beberapa hukum yang tidak disebutkan dalam surah yang lain. Dinamai juga surah Alif Lam Mim karena ayat pertama di surah berisi tiga huruf arab yakni Alif, Lam, dan Mim.






Seseorang yang berpikir negatif akan melihat kesulitan dalam setiap kesempatan. Tapi seorang yang berpikir positif akan mampu melihat peluang dalam setiap kesulitan.

Berdoalah kalian kepada Allah dengan penuh keyakinan akan dikabulkan, dan ketahuilah bahwa Allah tidak mengabulkan doa dari hati yang lalai.

وَمَنْ يَسْتَعْفِفْ يُعِفَّهُ اللَّهُ وَمَنْ يَسْتَغْنِ يُغْنِهِ اللَّهُ وَمَنْ يَتَصَبَّرْ يُصَبِّرْهُ اللَّهُ وَمَا أُعْطِيَ أَحَدٌ عَطَاءً هُوَ خَيْرٌ وَأَوْسَعُ مِنْ 

Barangsiapa yang menjaga kehormatan dirinya, niscaya Allah juga akan menjaga kehormatannya. Barangsiapa yang meminta kecukupan, niscaya Allah juga akan memberinya kecukupan. Barangsiapa yang berusaha bersabar, niscaya Allah juga akan memberinya kesabaran. Tidaklah seseorang diberi pemberian yg lebih baik dan lebih luas daripada kesabaran.






۞اَللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ۞

- Dunia ini hanya memiliki tiga hari : Hari kemarin, ia telah pergi bersama dengan semua yang menyertainya. Hari esok, kamu mungkin tak akan pernah menemuinya. Hari ini, itulah yang kamu miliki, maka beramallah di hari ini.-

Tugas kita sbnarnya di dunia ini cuma 2 ;
Beribadah dan beramal sholeh 😁
(Habibana umar bin hafidz)

Dari Nabi SAW., beliau bersabda: Allah Subhaanahu wa Ta'ala berfirman: "Hai anak Adam, jika kamu bersabar dan ikhlas saat tertimpa musibah, maka Aku tidak akan meridhai bagimu sebuah pahala kecuali surga." (HR. Ibnu Majah)

Sabar dan ikhlas kadang tidaklah sesederhana perkataannya. Bahkan ikhlas dan sabar saat dihadapkan dengan sebuah permasalahan sangatlah berat. Namun Allah pun memahami hal tersebut. Karenanya, pahala yang disediakan bagi mereka yang bisa sabar dan ikhlas tidaklah main-main, melainkan surga.






Rosululloh  صلى الله عليه وسلم  telah bersabda: 

"من دل على خير فله مثل أجر فاعله"

Artinya:
“Barangsiapa yang menunjukkan suatu kebaikan maka ia akan mendapatkan pahala yang sama dengan orang yang melakukannya.” (HR. Imam Muslim)

Nah dari situ kita harus berani menyampaikan suatu kebaikan dan menebar aroma keimanan, karena satu kebaikan yg kita ajarkan kemudian di kerjakan... 
Masyaalloh pahalanya akan terus mengalir hingga kita wafat nanti..






۞اَللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ۞

- Cara mencintai seseorang memiliki cara sendiri untuk mencintai ada yang cintanya dalam diam melihat dari kejauhan, Ada yang menyapa dalam bait" Doa -

Hadist riwayat Abu Dawud dengan sanad yang shahih dari Anas bin Malik:

Ada seorang laki-laki berada di dekat Nabi Shalallaahu ‘alaihi wa sallam, kemudian kepadanya lewat seorang yang lain. Laki-laki yang di dekat Rasulullaah Shalallaahu ‘alaihi wa sallam berkata, “Wahai Rasulullaah Shalallaahu ‘alaihi wa sallam! Sungguh aku mencintainya.” Maka Rasulullaah Shalallaahu ‘alaihi wa sallam bertanya, “Apakah engkau sudah memberitahukannya?” Ia menjawab, “Belum” Rasulullaah Shalallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Beritahukanlah kepadanya!” Kemudian ia mengikutinya dan berkata, “Sungguh aku mencintaimu karena Allah.” Laki2-laki itu pun berkata: “Semoga engkau dicintai Allah, yang karena-Nya engkau mencintaiku.”






۞اَللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ۞
 
Shollu Alan Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam

KEUTAMAAN SHOLAWAT NABI MUHAMMAD SHALLALLAHU ‘ALAIHI WA SALLAM

Adapun keutamaan sholawat Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah:

Pertama, Mengerjakan perintah Allah subhanahu wa ta’ala

Apabila ada orang yang bersholawat atas Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, berarti dia mengerjakan perintah Allah subhanahu wa ta’ala. Allah berfirman:

…ا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا ﴿٥٦﴾
“…Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.” (QS. Al-Ahzab[33]: 56)

Kedua, mengikuti bersholawatnya Allah atas Nabi Muhammad shallallahu ‘a…








No comments:

Post a Comment