Sunday, February 18, 2018

Khotbah Jum'at 17 Agustus 2016



الحمد لله الذي امرنا باالاتحاد والاعتصام بحبل الله المتين, اشهد ان لااله الا الله زحده لاشريك له, اياه نعبد واياه نستعين, اشهد ان مهمدا عبده ورسوله المبعوث رحمة للعا لمين, اللهم صل على سيدنا محمد وعلى اله واصحابه اجمعين. اما بعد. فيا ايها الناس اصيكم ونفسي بتقوا الله وطاعته لعلكم ترحمون. قال الله تعالى ياايهاالذين امنوا اتقوا الله حق تقاته ولاتموتن الا وانتم مسلمون.

Alhamdulillah, puji syukur kepada Allah SWT yang masih memberikan kita kesehatan, kesempatan sehingga kita masih melaksanakan printahNYA pada hari yang penuh dengan kemuliaan ini. Sebab tanpa nikmatnya mustahil kita bisa berkumpul ditempat yang mulia ini.
Sholawat dan salam kita curahkan kepada baginda nabi besar Muhammad SAW yang merenovasi ummatnya dari ummat
yang penuh dengan lumpur kejahiliahan menuju ummat yang penuh dengan cahaya iman dan taqwa kepada Allah SWT.
Hadirin jama’ah jum’at yang dirahmati Allah
Pada hari ini kami khotib mengajak kepada kita semua untuk bersyukur yang setinggi-tingginya, kepada allah swt yang tidak ada nikmat yang paling tinggi yang kita dapatkan dan kita rasakan di negra kita tercinta ini. Kemerdekaan yang terhitung dari tanggal 17 Agustus 1945 sampai sekarang ini.
Coba kita melirik pada negra-negara lain di era baru sekarang ini, masih juga ada Negara yang terjajah diantaranya  palestina, suriah bahkan mesir dan masih banyak lagi Negara yang masih tertindas. Alhamdulilllah Negara kita Indonesia terbebas dari penjajahan tersebut secara fisik.
Kemarin hari rabu tanggal 17 Agustus seluruh rakyat Indonesia merayakan hari kemerdekaannya.

Mungkin penting untuk kita mengingat kembali ke 71 tahun yang telah lewat pada kejadian rengas dengklok hari diculiknya presiden kita untuk ditekan dan dipaksa untuk mengumumkan hari kemerdekaan Indonesia pada tanggal 16 gustus, namun bung karno mempertahan bahkan mempertaruhkan nyawanya tetap akan memproklamirkan hari kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. Ternyata bung karno adalah orang taat agama tanggal tersebut sudah di istiharahkan jauh sebelumnya. Kita lirik pada angka 17…. Apa sih  yang terkandung pada angka 17 ???????
………………
Begitu juga dengan para pejuang Negara kita, jendral sudirman, bung tomo, pangeran diponegoro, mereka semua adalah orang-orang yang taat beraagama tidak melupakan tuhan (Allah SWT)

Namun permasalahannya adalah kita sebagai penerus bangsa, yang hidup setelah kemerdekaan ini, bagaimana kita mengisi kemerdekaan NKRI yang sekarang ini tidak membutuhkan tumpahan darah untuk Indonesia akan tetapi yang dibutuhkan adalah moral bangsa Indonesia, baik moral sesama warga Negara ataupun moral kepada tuhan yang maha esa.
Lalu bagaimana kita mengisi kemerdekaan yang telah diberikan Allah kepada kita semua?
tûïÏ%©!$# bÎ) öNßg»¨Y©3¨B Îû ÇÚöF{$# (#qãB$s%r& no4qn=¢Á9$# (#âqs?#uäur no4qŸ2¨9$# (#rãtBr&ur Å$rã÷èyJø9$$Î/ (#öqygtRur Ç`tã ̍s3ZßJø9$# 3 ¬!ur èpt6É)»tã ÍqãBW{$# ÇÍÊÈ  
41. (yaitu) orang-orang yang jika Kami teguhkan kedudukan mereka di muka bumi niscaya mereka mendirikan sembahyang, menunaikan zakat, menyuruh berbuat ma'ruf dan mencegah dari perbuatan yang mungkar; dan kepada Allah-lah kembali segala urusan.

Pertama, Iqamatus Shalah, mendirikan shalat dalam rangka membangun moralitas dan akhlakul karimah. Suatu bangsa atau institusi akan dapat langgeng ketika memiliki moralitas dan kredibilitas yang tinggi. Kunci membangun moralitas terletak pada pelaksanaan ibadah shalat, dan keta’atan kepada Allah swt.
Kedua, Iiitauz zakah, menunaikan zakat sebagai bentuk kepedulian sosial.Agama Allah tidaklah hanya mengurusi masalah ruhani dan akhirat saja, namun juga sangat memperhatikan keseimbangan kehidupan sosial bermasyarakat. Itu dibuktikan dengan anjuran dibanyak tempat di Al Qur’an, penyebutan perintah shalat selalu diiringi dengan perintah berzakat.
Ketiga, Amar makruf nahi munkar, jaminan kepastian dan penegakan hukum. Kecenderungan kekuasaan adalah mendorong pelakunya untuk menyimpang dan menyalah gunakan jabatan. Banyak contoh dalam sejarah, fir’aun misalkan yang berupaya untuk melanggengkan kekuasaannya dengan segala cara, karena tidak ada perimbangan kontrol dari masyarakatnya.
Keempat, Mengembalikan urusan kepada Allah swt semata.
Ketika usaha untuk membangun moralitas dan akhlakul karimah lewat pelaksanaan ibadah shalat. Dan menumbuhkan kepedulian sosial yang dibuktikan dengan mengeluarkan zakat. Serta proses amar makruf dan nahi munkar sudah dijalankan dengan seimbang, maka selebihnya kita serahkan urusan kehidupan kepada kehendak Allah swt.


اقول قولي هذا واستغفر الله العظيم لي ولكم وليسائر المسلمين والمسلمات والمؤمنين والمؤمنات فاستغفروه انه هوالغفورالرحيم

Khotbah kedua setiap jum’at
اَلْحَمْدُ للهِ حَمْدًاكَثِيرًاكَمَااَمَرْ. اَشْهَدُاَنْ لآاله الا الله وحده لاشريك له ارغاما لمن جحد به وكفر. واشهد ان سيدنا محمدا عبدُه ورسوله سيدَالخلآئِقِ والبشر. اللهم صل وسلم وبارك على سيد نا محمد وعلى اله واصحابه مصابيحِ غُرَرٍ. امابعد: فياايهاالناس اتقواالله! وافعلواالخيرات. واجتنبواالسيئات فى كل وقت وحين. قال الله تعالى وهو اصدق القائلين. ان الله وملئكته يصلون على النبى ياايها الذين امنواصلواعليه وسلموا تسليما.  فاجتنبوا الى الله عباد الله الى مادعاكم وصلوا وسلمواعلى من به الله هداكم. اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى اله واصحابه اجمعين. وعلى التابعين وتا بع التا بعين وتا بعهم باحسان الى يوم الدين. وارض عنا برحمتك ياارحم الراحمين. اللهم اغفرللمؤمنين والمؤمنات والمسلمين والمسمات. الأحياءمنهم والأموات. انك سميع قريب مجيب الدعوات يارب العالمين. اللهم اصلح امة محمد صل الله عليه وسلم وفرج عن امة محمد صل الله عليه وسلم وارحم امة محمد صل الله عليه وسلم وانصر واحفظ وايد نهضة الوطن فى العا لمين بحق محمد صل الله عليه وسلم. ربنا اتنا فى الدنيا حسنة وفى الأخرة حسنة وقنا عذاب النار. ربنااغفرلنا ولاخواننا الذين سبقونا بالأيمان ولا تجعل فى قلوبنا غلا للذين امنوا ربنا انك رؤوف رحيم. عبادالله ان الله يأمر بالعدل والأحسان وايتاء ذى القربى وينهى عن الفحشآء والمنكر والبغي يعظكم لعلكم تذكرون اذكروا الله العظيم يذ كر كم واسئلوا من فضله يُعطِكم ويَهْدِكم ولذكرالله اكبر.

No comments:

Post a Comment