Sunday, December 10, 2017

cara memasukan nama tempat di google

Walaupun berkembangnya sarana transprotasi saat sekarang ini, Lokasi sekolah, atau tempat kerja
kita tentunya mungkin masih banyak yang belum tahu, terutama bagi orang-orang jauh dari daerah tersebut. Dengan perkembangan teknologi sekarang, terlebih disediakannya googlemap oleh perusahaan google, memudahkan kita menemukan daerah-daerah yang belum kita ketahui.
Seiring itu, ternyata kita sebagai pengguna layanan google bisa menggunakan akses ke googlemap tersebut dengan mendaftarkan lokasi pekerjaan kita disana. Tentunya syarat utamanya adalah memiliki akun gmail. 
Saya sendiri awalnya bingung bagaimana cara untuk memasukkannya, dan setelah search kesana -kemari akhirnya dapat juga sumber yang lumayan valid dan bisa dijadikan sebagai pedoman, walaupun sepertinya juga sudah ketinggalan.
Berikut langkah-langkahnya :
  1. Buka dulu http://www.google.com/local/add dan login menggunakan email anda atau email sekolah anda
  2. Masukkan suatu nama pada kolom pencarian dan pilih “Tidak, ini bukan bisnis saya izinkan saya mendaftarkan bisnis saya”
  3. Isi kolom yang disediakan sesuai dengan keinginan anda /sesuaikan dengan sekolah anda, termasuk nomer telepon yang didaftarkan sebagai penanggungjawab, dan pastikan aktif karena akan digunakan untuk menerima kode validasi (tapi saya kok tidak dikirimi validasi ya ? hehe)
  4. Jika sudah selesai mengisi, klik tombol kirim. Jika terjadi masalah (seperti masalah yang kami temui yaitu alamat kita masih belum dikenali) pilih “Ada masalah ? Bantu kami menemukan lokasi bisnis anda”, setelahnya seret pin yang tersedia ke lokasi sekolah anda lalu klik “Oke” (jika ingin mengubah peta dari 2 dimensi ke pencitraan satelit, klik “satelit” di sebelah kanan atas peta.
  5. Setelah selesai konfirmasi sekali lagi dengan mengklik “kirim”
  6. Setelah selesai maka tinggal menunggu verifikasi.
  7. Verifikasi akan tertunda jika kita belum terdaftar sebelum dalam google+, untuk itu kita mesti mendaftar dulu di google+ untuk bisa memunculkan pin kita.
  8. Setelah selesai di verifikasi, maka kita tinggal menunggu sekitar 2 minggu (bahkan kurang) untuk memunculkan pin kita di googlemap.
Update :
Hmm,, ternyata kita mesti menunggu kiriman pos dari google untuk memverifikasi akun kita... mudah-mudahan ada cara yang lebih baik.. lama juga menunggunya.. :(
Selamat mencoba...


1 comment: